Topik Apa Saja yang Perlu Dikuasai Oleh HRD di Departemen Manajemen Sumber Daya Perusahaan?

Topik Apa Saja yang Perlu Dikuasai Oleh HRD di Departemen Manajemen Sumber Daya Perusahaan?

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa HRD (Human Resource Development) memegang peranan penting dalam perusahaan. Untuk melakukan tugasnya dengan baik, ada beberapa topik yang perlu dikuasai oleh manajer sumber daya manusia.
Topik yang Perlu Dikuasai Oleh HRD

Dalam manajemen sumber daya manusia perusahaan, divisi HR lazimnya memiliki deskripsi pekerjaan seperti administrasi personalia, rekruitmen karyawan, mengurus kompensasi dan tunjangan serta pengembangan karyawan. Divisi HR juga memiliki peran penting untuk menyebarkan nilai dan visi misi perusahaan kepada karyawan. Untuk bisa melakukan tugas penting tersebut, ada beberapa topik yang harus dikuasai.

Efektifitas Organisasi

Bagi seorang HRD, Anda harus mampu memikirkan, mengamati dan menguasai organisasi perusahaan secara menyeluruh. Anda harus mampu melihat semua hal tersebut dari sudut pandang seorang pengusaha. Hal ini penting agar mampu mengusahakan apa yang harus dilakukan guna mencapai visi misi perusahaan. Untuk itu, Anda dituntut untuk bisa melakukan perencanaan strategis, merancang organisasi, mengelola SDM, mengenal budaya perusahaan, memahami proses merger dan akuisisi, mengetahui manajemen resiko serta mampu menjalankan manajemen berbasis kompetensi.
Mendapatkan Kandidat Potensial

Seorang HRD yang profesional diharapkan memiliki kemampuan untuk bisa menarik dan mendapatkan kandidat potensial berkualitas guna mengisi posisi tertentu. Hal ini dilakukan bersamaan dengan aktifitas pemenuhan karyawan berdasarkan kuantitas yang tepat dengan langkah-langkah yang lebih efektif dan efisien. Untuk bisa mencapai hal ini, Anda harus menguasai kemampuan analisis jabatan yang baik, mampu merencanakan tenaga kerja (workforce planning), menjalankan rekruitmen dan seleksi karyawan.

Pengembangan

Aktifitas pengembangan di sini maksudnya adalah aktifitas pengembangan pengetahuan, keahlian dan perilaku sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan. Untuk bisa melakukan hal tersebut, seorang yang bekerja di divisi HR harus menguasai program pengembangan kompetensi, menganalisis kebutuhan pelatihan, merancang pelatihan yang dibutuhkan menurut kompetensi karyawan, mengevaluasi pelatihan, menilai pelatihan, menetapkan sasaran kinerja, mengeksekusi kinerja, manajemen kompetensi dan mengembangkan organisasi perusahaan.

Pemeliharaan

Aktifitas pemeliharaan atau maintaining yakni aktifitas memelihara serta menjaga agar karyawan tetap melakukan interaksi dan mau bertahan di perusahaan. Untuk mencapai hal ini, divisi HR diharapkan mau mengevaluasi jabatan, memberikan imbal jasa, mengevaluasi struktur upah, memahami penggajian, mempertimbangkan kesejahteraan karyawan, mengusahakan jaminan sosial tenaga kerja dan mengevaluasi dana pensiun. Di samping itu, Anda juga wajib memiliki kemampuan menjalin hubungan industrial, menyelesaikan perselisihan hubungan industrial serta memastikan keselamatan dan kesehatan kerja.

HRD Memegang Peranan Penting sebagai Atap Perusahaan

Bila dilihat dari uraian di atas, tampak bahwa posisi divisi HR bukanlah posisi yang mudah. Posisi ini dianggap turut berperan dalam upaya membangun pondasi dan pilar perusahaan. Ia harus merancang struktur organisasi dan strategi agar selaras dengan strategi perusahaan maupun strategi bisnis. Untuk itu, Anda harus meningkatkan kemampuan dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Jangan malu untuk belajar dari orang yang lebih muda maupun meminta masukan dari orang yang lebih berpengalaman agar bisa menjalankan peran manajemen sumber daya manusia secara optimal.

Tak hanya itu saja, HRD juga dianggap sebagai atap perusahaan. Dalam hal ini Anda harus mampu membangun budaya organisasi, menjaga visi dan misi perusahaan, menyebarkan nilai-nilai perusahaan kepada semua karyawan perusahaan serta menyediakan fasilitas apabila terjadi perubahan manajemen. Jadi, tak mengherankan apabila Anda nantinya akan menjadi tempat menampung keluh kesah karyawan yang ada di perusahaan. Dengan begitu, Anda juga berperan sebagai jembatan bagi kepentingan karyawan dengan perusahaan. Melalui manajemen sumber daya manusia inilah perusahaan bisa mengetahui apa yang karyawan butuhkan demikian sebaliknya.

Berlangganan dan Download 3 Ebook Bagus

Ingin Menjadi Seorang HR Kelas Dunia? Ikuti Kursus Online HR Management Masterclass Dahsyat Di Sini...
Berbagi artikel
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *