Sering Disamakan, Ini Bedanya HRD dan Personalia di Perusahaan

Sering Disamakan, Ini Bedanya HRD dan Personalia di Perusahaan

Di perusahaan Anda tentu sering mendengar istilah HRD dan personalia bahkan tak sedikit yang menganggap keduanya sama. Padahal, kedua hal tersebut merupakan dua hal berbeda meskipun saling berkaitan.

Apa Bedanya HRD dengan Personalia?

Baik dari segi tanggung jawab dan fungsi bagian personalia dan divisi HR (Human Resource) memiliki perbedaan. Berikut ini merupakan perbedaan antara keduanya yang harus Anda ketahui.

Pekerjaan

HRD (Human Resource Department) atau Departemen Sumber Daya Manusia secara umum mengurusi segala hal yang berkaitan dengan karyawan. Divisi HR ini mengurusi mulai dari proses rekruitmen, pengembangan, evaluasi hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Tak jarang pula divisi HR ini menjadi tempat konsultasi dan menangani administrasi perusahaan. Divisi HR lazim ditemukan di perusahaan berskala besar atau perusahaan induk.

Sementara itu, bagian personalia memiliki kegiatan pengelolaan sumber daya manusia yang berkaitan dengan aktifitas administratif dan mengatur hubungan industrial antara karyawan dan perusahaan. Dalam hal ini personalia lebih terlibat pada fungsi manajemen payroll, employee database hingga pembayaran benefit seperti pinjaman karyawan, absensi, pengisian dokumen, cuti tahunan dan lainnya. Bukan seperti divisi HR yang memiliki lingkup lebih luas dan terlibat langsung dengan karyawan.

Permasalahan yang Ditangani

Bila dilihat dari lingkup kerjanya, divisi HR lebih terlibat dalam proses penanganan berbagai masalah yang terjadi di lingkup pegawai, karyawan, manajer dan karyawan dari level lainnya atau dengan kata lain mulai dari tingkatan paling bawah hingga ke atas. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan bisa mencapai target yang telah ditentukan.
Bagian personalia memiliki lingkup kerja yang lebih sempit karena merupakan basis awal dari divisi HR. Bagian ini lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan karyawan yang memuncak bahkan sering disebut sebagai “pelayan” tenaga kerja dan lebih bersifat administratif. Sebagai contoh, bagian personalia akan mengurus persoalan presensi karyawan, cuti, gaji dan administrasi lain.

Tanggung Jawab

HRD memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada personalia. Divisi HR ini melakukan persiapan eksternaldan internal dalam seleksi tenaga kerja dan rekruitmen tenaga kerja. Pekerjaan seperti evaluasi karyawan dan pengembangan potensi karyawan juga menjadi tanggung jawab dari divisi HR ini. Hal ini dimaksudkan agar setiap karyawan mampu mencapai titik maksimal potensinya dan bisa berkontribusi secara optimal terhadap perusahaan maupun organisasi. Itu sebabnya karyawan divisi HR harus memahami dan menguasai semua keahlian yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Dalam hal pemberian kompensasi, divisi HR bertugas untuk memberikan kompensasi atau imbalan atas kontribusi kerja pegawai serta proteksi pada para pegawai. Kompensasi ini harus dipertimbangkan dan diberikan tepat sesuai sasaran dan kondisi pasar tenaga kerja. Hal ini demi menghindari konflik ketenagakerjaan maupun kerugian perusahaan. Artinya kompensasi diberikan sebagai solusi yang adil baik untuk pegawai maupun perusahaan.

Sedangkan bagian personalia memiliki lingkup tanggung jawab yang lebih sempit. Personalia mengurus penerimaan tenaga kerja sambil berkoordinasi dengan penyuplai tenaga kerja. Selain itu, personalia juga melakukan sosialisasi dan koordinasi penerimaan karyawan baru. Perjanjian kerja, daftar hadir, perekaman data dan melakukan aktivitas surat menyurat juga menjadi tanggung jawab dari personalia.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa perbedaan antara HRD dan personalia terdapat pada lingkup ruang kerjanya. Divisi HR memiliki lingkup yang besar mulai dari tingkat bawah hingga ke atas perusahaan. Sedangkan personalia lebih berfokus pada aktivitas administratif guna mendukung kinerja divisi HR. Kedua area ini saling berkaitan sehingga tanpa personalia, divisi HR tak akan bisa berfungsi dengan efektif dan efisien.

Berlangganan dan Download 3 Ebook Bagus

Ingin Menjadi Seorang HR Kelas Dunia? Ikuti Kursus Online HR Management Masterclass Dahsyat Di Sini...
Berbagi artikel
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *