Pengertian Dan Dasar Ilmu Manajemen

Pengertian Dan Dasar Ilmu Manajemen

Secara ilmiah, sebuah kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno ménagement, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur. Ilmu Manajemen merupakan cara mengelola sesuatu untuk dijalankan oleh orang lain. Untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien yang bersifat masif, kompleks dan bernilai tinggi tentu dibutuhkan manajemen.

Berikut Pengertian Dan Dasar Ilmu Manajemen

Sebagai contoh, karya seni peradaban manusia seperti candi borobudur menara eifel, tembok besar cina, dan lain sebagainya merupakan dari sebuah proses manajemen yang sangat sukses. Ilmu manajemen sudah hadir sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini bisa kalian buktika dengan adanya piramida besar di mesir. Piramida tersebut dibangun oleh banyak kalangan besar selama 20 tahun lamanya.

Piramida giza tidak akan pernah berhasil dibangun jika tidak ada orang yang melaksanakan manajemen sehingga mampu merencanakan apa yang akan dilakukan, mengorganisir manusia dan bahan bakunya, memimpin dan memberi arahan kepada para pekerja, serta menegakkan pengendalian tertentu yakni untuk menjamin bahwa semua hal dikerjakan sesuai rencana.

Fungsi Pokok Sebuah Manajemen

Orang yang bergerak dalam bidang manajemen disebut dengan manajer. Manajer bertanggung jawab kepada pekerjaan, manusia, sumber daya dan pencapaian. Untuk bisa berjalan dan memperoleh tujuan tertentu, maka manajer membutuhkan suatu wadah yang disebut dengan istilah organisasi.

Baik buruknya kualitas sebuah organisasi di tentukan oleh baik buruknya seorang manajer ketika memilih sumber daya dan orang yang tepat untuk ditunjuk dan dipercayakan menempati kedudukan dalam berorganisasi tersebut. Seorang manajer mempunyai tugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai sebuah organisasi

Pada organisasi struktur tradisional, manajer sering dikelompolan menjadi manajer tinggi, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama atau biasanya digambarkan dengan sebuah piramida, di mana jumlah karyawan lebih besar jika dibandingkan jenis puncak
Ilmu manajemen lini pertama ini dikenal juga dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan yang rendah dan mempu memimpin karyawan non-manajerial yang terlibat dalam sebuah proses produksi. Mereka sering disebut sebagai supervisor, manajer kantor, manajer departemen, manajer shift, manajer area, atau seorang mandor.

Manajemen tingkat menengah sudah mencakup semua manajemen yang ada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak serta mempunyai tugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang ada dalam manajer menengah di antaranya kepada bagian, manajer pabrik, pemimpin proyek, manajer divisi.

Walaupun demikian, tidak semua organisasi bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bentuk piramida tradisional tersebut. Misalnya pada organisasi yang lebih fleksibel dan sederhana, pekerjaan yang dilaksanakan oleh tim karyawan selalu berubah, berpindah dari satu proyek ke proyek lain, sesuai dengan permintaan pekerjaan.

Keterampilan Dan Kemampuan Yang Dituntut Bagi Seorang Manajer

Manajer tingkat atas harus mempunyai keterampilan membuat sebuah konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide tersebut kemudian harus dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk merealisasikan gagasan dan ide tersebut. Proses gagasan tesebut menjadi suatu rencana kerja yang semakin kongkret biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Maka dari itu, keterampilan konsepsional merupakan keterampilan untuk membuat sebuah rencana kerja yang baik.

Keterampilan Berhubungan Dengan Banyak Kalangan

Selain sebuah kemampuan, manajer juga memerlukan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan banyak kalangan, dan disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus di ucapkan oleh manajer terhadap bawahan yang di pimpin. Dengan komunikasi ramah, bersahat, dan berwibawa membuat karyawan merasa selalu dihargai dan mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi sangat dibutuhkan, baik pada tingkatan manajemen atas, bawah maupun menengah.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai ilmu manajemen, semoga selalu memberi banyak kemudahan dan anda memperoleh ilmu besar di dalam sana.

Berlangganan dan Download 3 Ebook Bagus

Ingin Menjadi Seorang HR Kelas Dunia? Ikuti Kursus Online HR Management Masterclass Dahsyat Di Sini...
Berbagi artikel
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *