Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Sebuah Perusahaan

Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Sebuah Perusahaan

Perusahaan menciptakan sebuah produk untuk menusia, mesin-mesin di produksi oleh manusia, dan dikelola oleh manusia. Manajemen sumber daya manusia menjadi faktor utama yang menggerakkan sebuah perusahaan. Sebagai salah satu faktor strategis dalam bidang bisnis, peran manajemen sumber daya manusia bisa menentukan maju tidaknya sebuah perusahaan tersebut. Ada banyak ahli yang sudah mendefinisikan mengenai manajemen sumber daya manusia, namun sampai sekarang pun tidak ada yang menjadi sebuah aturan baku.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Ilmu manajemen sumber daya manusia merupakan sesuatu yang berkembang, tidak statis, dan tidak mempunyai definisi yang sama. Tak hanya mengenai definisi, fungsi manajemen sdm-pun ada banyak perbedaan sudut pandang. Meski demikian pada sebuah prinsip terlahir hampir sama. Seperti halnya fungsi manajemen secara umum, fungsi manajemen sdm menjadi lebih fokus pada pengelolaan sumber daya manusianya agar bisa bekerja seefektif mungkin sehingga masing-masing kalangan bisa bekerja secara optimal.

Fungsi sdm secara garis besar yakni dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu fungsi manajerial dan fungsi operasional. Perencanaan, menentukan terlebih dulu program yang akan membuat anda mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan. Pengorganisasian, merancang susunan dari berbagai jenis hubungan antara jabatan, personalia, serta faktor-faktor fisik.

Pengarahan, melakukan pekerjaan, mengusahakan agar karyawan mau bekerja sama secara efektif. Pengendalian atau pengawasan, mengamati serta membandingkan pelaksanaan dengan rencana jika adanya sebuah penyimpangan, atau kalau harus menyesuaikan kembali rencana yang sudah dibuat.

Memahami Dengan Baik Sebuah Fungsi Operasional

Pengadaan, penentuan jenis karyawan dan jumlah yakni untuk menentukan keberhasilan rekruitmen melalui prosedur yang sesuai. Pengembangan, untuk memperbaiki efektivitas kerja dengan cara memahami pengetahuan, ketrampilan ataupun sikap karyawan. Kompensasi, balas jasa, berwujud uang atau hal lain sesuai pengorbanan atau kontribusi karyawan. Upah menjadi bagian dari kompensasi, bisa di dapatkan dalam bentuk fasilitas yang bisa kalian nilai dengan uang. Pengintegrasian, tercapainya sebuah sinergi antara karyawan dan perusahaan untuk tujuan yang berbeda.

Pemeliharaan, perusahaan yakni memelihara kemampuan dan sikap karyawan melalui program keselamatan, pelayanan dan kesehatan. Kedisiplinan, perusahaan akan memastikan bahwa semua aturan yang sudah ditetapkan benar-benar bisa dimengerti oleh semua kalangan yang ada. Putusnya hubungan kerja, memberi tindakan yang tegas apabila tenaga kerja tidak mematuhi semua aturan yang sudah ditetapkan.

Tujuan Manajemen Dalam Bidang Sumber Daya Manusia

Perusahaan manapun pasti ingin mempunyai seluruh tenaga kerja yang terlibat di dalamnya bisa berjalan secara optimal, efektif dan efisien. Untuk mendapatkan keinginan tersebut maka menjadi keharusan bagi perusahaan untuk bisa memperoleh, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memelihara setiap tenaga kerja di dalamnya.

Perusahaan manapun mempunyai seorang manusia yang secara pribadi merupakan bagian dari masyarakat. Dengan adanya manajemen sumber daya manusia kami harapkan dapat mengakomodir kepentingan masyarakat, baik secara moral, etika dan sosial. Hal ini berguna untuk meminimalisasi dampak negatif dalam organisasi, jangan sampai masyarakat memperoleh banyak keraguan. Kegagalan organisasi dalam menggunakan sebuah sumber dayanya bagi keuntungan masyarakat, dapat dipastikan akan berdampak buruk bagi tumbuh-kembang sebuah perusahaan.

Keberadaan sdm dalam perusahaan tentu tidak berdiri sendiri, keberadaanya mempunyai tujuan untuk memberi kontribusi dan pendayagunaan pada pencapaian efektivitas organisasi secara keseluruhan dalam sebuah perusahaan. Ia dibentuk untuk membantu dan melayani bagian lain di organisasi dalam menangani banyak hal mempunyai hubungan dengan sumber daya manusia.

Secara fungsional, msdm mempunyai tujuan untuk memelihara kontribusi bagian-bagian lain agar sdm dalam tiap bagian lainnya bisa menjalankan tugasnya dengan optimal. Artinya, setiap tenaga kerja dalam sebuah organisasi bisa di jalankan fungsinya dengan baik. Sekian informasi kami sampaikan mengenai manajemen sumber daya manusia, semoga memberi banyak manfaat.

Berlangganan dan Download 3 Ebook Bagus

Ingin Menjadi Seorang HR Kelas Dunia? Ikuti Kursus Online HR Management Masterclass Dahsyat Di Sini...
Berbagi artikel
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *