7 Kalimat yang Tabu untuk Diucapkan di Kantor

Bagikan

Ilustrasi(Thinkstockphotos)

KOMPAS.com – Sebagai manusia, wajar jika kita tak bisa lepas dari kesalahan di tempat kerja. Atasan dan rekan satu tim mungkin bisa memahami kesalahan yang Anda lakukan satu atau dua kali.

Ada beberapa kata, kalimat, atau pertanyaan, yang mungkin kita ucapkan di kantor namun, bisa berdampak buruk bagi reputasi. Beberapa kata tersebut sebenarnya biasa saja untuk konteks tertentu.

Yang jadi masalah, jika Anda termasuk dalam karyawan yang bermasalah, mengulangi kata-kata ini berulang kali bisa berakibat karier bagi pengembangan karier.

Berikut adalah beberapa kata yang sebaiknya dihindari di tempat kerja, tentu saja selain berkata kasar dan menyumpah:

1. “Itu bukan bagian dari tugas saya”
Tak ada atasan yang mau mendengar itu ketika ia sedang memberikan tugas. Ingat, job desc Anda tidak ditulis di prasasti.

“Tim lintas fungsional dibutuhkan saat ini, sehingga Anda harus lebih fleksibel dan membuat ‘hidup bos lebih mudah’. Selain itu, makin banyak skill yang kita kuasai, makin penting posisi kita,” kata Lynn Taylor, pakar karier dan penulis buku.

2. “Itu bukan salah saya”
Jika Anda melakukan kesalahan, tunjukkan tanggung jawab. Hindari sikap membuat alasan saat pekerjaan Anda dikritik. Selalu melempar kesalahan pada hal yang Anda buat bisa berakibat serius pada reputasi Anda.

Atasan memang tidak mengharapkan Anda sempurna, tetapi selalu defensif saat menerima masukan negatif juga membuat Anda tak profesional.

3. “Saya kerjakan nanti”
Baru mengerjakan sebuah tugas menjelang tengat waktu bukan cuma menyebabkan stres, tapi juga menghambat kemajuan dari tim yang menunggu hasil pekerjaan Anda.

4. “Itu ide yang bodoh
Sikap jujur dan apa adanya memang tak berarti buruk di dunia bisnis, tetapi tak ada gunanya bersikap kasar atau memulai permusuhan dengan kolega. Lagi pula, manajer Anda pasti tak terkesan dengan sikap sombong dan agresif yang ditunjukkan.

5. “Saya akan keluar”
“Tak perlu mengancam Anda akan keluar. Itu tidak profesional dan mereka akan menganggap Anda senang melarikan diri,” kata Ryan Khan, career coach dan pendiri The Hired Group.

6. “Saya bosan”
Bila Anda merasa bosan di kantor, mengeluhlah pada pasangan, teman, atau keluarga, bukan ke bos. Anda digaji untuk menjadi produktif dan selalu antusias. Itu tanggung jawab Anda sendiri untuk membuat pekerjaan Anda lebih menarik.

7. “Maaf, saya terlambat, lagi”
Hobi Anda untuk datang terlambat menunjukkan pada orang lain ada hal lain yang lebih penting untuk Anda dan tidak bisa menghargai waktu. Orang lain akan menjadi tidak hormat dan mempercayai Anda. Apa pun yang terjadi, usahakan untuk selalu datang tepat waktu

 

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/11/171700220/7.kalimat.yang.tabu.untuk.diucapkan.di.kantor


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *